Wabah virus covid-19 sejak diumumkannya sebagai pandemik di Indonesia terus dilakukan penanganan-penanganan melalui beberapa protokol kesehatan. Upaya-upaya pencegahan dan menekan penyebaran virus covid-19 telah dilakukan, namun angka pasien positif maupun pasien dengan pengawasan (PDP)  yang dirawat selalu bertambah.

Perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan yang berada terdepan penanganan pasien positif covid-19 di berbagai fasilitas kesehatan mendapatkan masalah kesulitan ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang sesuai standar penanganan kasus covid-19. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai salah satu organisasi perawat memiliki peran advokasi atas hal tersebut. Semua PPNI ditiap tingkatan bergerak, mulai dari pusat, wilayah ningga ke daerah.  Begitupun dengan pengurus daerah PPNI Jakarta utara, beberapa inisiatif dilakukan untuk menyelesaikan masalah anggota perawat di Jakarta Utara antara lain dengan membuka rekening donasi.  Sejak diumumkannya penerimaan donasi tersebut DPD PPNI Jakarta utara telah menerima donasi dari berbagai kalangan dan donasi tersebut telah disalurkan ke komisariat-komisariat PPNI yang berada diwilayah Jakarta Utara..

Riski Pebrian Pratama selaku ketua satgas covid-19 PPNI Jakarta Utara mengatakan “Saat ini DPD PPNI Jakarta Utara masih menerima donasi, kami telah menyalurkan ke seluruh RS yang ada di wilayah Jakarta utara, namun donasi yang telah disalurkan masih belum cukup untuk membackup seluruh rumah sakit”.

 “Kami dari DPD PPNI Jakarta Utara mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu anggota perawat kita dalam mendapatkan bantuan berupa alat pelindung diri dan multivitamin” tambahnya.

“Saat kami berkeliling menyalurkan bantuan, para sejawat perawat disana senang mendapat perhatian berupa bantuan alat pelindung diri dan multivitamin dan mereka berharap mereka dapat fokus menjalankan tugas dengan keamanan yang terstandar”.  Cerita Riski.

Riski juga menambahkan “Upaya lain yang dilakukan DPD PPNI Jakarta Utara demi melindungi anggotanya juga berencana akan mengadakan rapid test untuk perawat dan masyarakat umum, kegiatan ini bekerjasama dengan Bakornas LKMI PB HMI  yang akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2020. Harapan kami dengan diadakannya rapid test ini DPD PPNI Jakarta Utara berharap bisa menumbuhkan kewaspadaan bagi tenaga medis perawat dan masyarakat umum akan penularan covid-19”. Daftar Rapid Test

“Kami berharap wabah ini bisa segera usai, sudah ada anggota kami yang gugur. Semoga almarhum dan almarhumah husnul khotimah dan syahid”. Tutupnya