IKALIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah organisasi alumni ilmu keperawatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Organisasi ini dibentuk tahun 2013. Saat ini wabah covid-19 masuk pada bulan ke-3 setelah munculnya kasus pertama covid-19 di Indonesia pada awal bulan Maret 2020. Kasus terkonfirmasi saat ini adalah 12.071 kasus, dengan pasien sembuh adalah 2.197 kasus sedangkan kasus meninggal 872 kasus (Sumber: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/ Tanggal 5/6/2020). Angka kasus ini diprediksi akan terus meningkat melihat angka pasien dalam perawatan mencapai angka 9.002 kasus.

“Angka kasus positif covid-19 semakin meningkat setiap hari laporannya, begitupun angka yang meninggal. Sudah banyak korban dari tenaga kesehatan yang meninggal. covid-19 ini menjadi beban semua elemen masyarakat. Kami dari IKALIK pada bulan ini menggalang donasi kembali untuk mengajak semua elemen alumni UIN maupun masyarakat melawan covid-19 secara bersama dan bergandengan tangan” Kata Nurdiansyah, Ketua IKALIK UIN Jakarta.

Nurdiansyah yang juga tercatat sebagai salah satu perawat di RSPI Sulianti Saroso mengatakan bahwa “donasi pada gelombang pertama terkumpul lebih dari 15 juta rupiah dan terdistribusi ke 26 Rumah Sakit di berbagai daerah, bahkan sampai ke wilayah Timur di Kupang. Ada alumni kita yang merupakan satuan TNI AL yang bertugas di rumah sakit disana. Kami mendistribusikan terutama ke intansi rumah sakit yang terdapat alumni UIN Syarif Hidayatullah hal ini untuk memudahkan distribusinya ke teman-temannya di institusi tersebut”.

“Gelombang kedua ini, kami bekerjasama dengan salah satu startup crowdfunding kitabisa.com untuk melakukan galang donasi. Target kami untuk gelombang kedua ini adalah 500 Juta rupiah, dan pendistribusiannya serta pemberiannya kami lebih luaskan. Donasi kedepannya berupa APD, multivitamin, makanan dan minuman, sembako, skreening covid-19 bahkan sampai penguatan psikologis oleh para psikolog. Dengan donasi ini, kita berharap semua elemen tenaga kesehatan yang berada di pelayanan yang melawan covid-19 termotivasi dan imunitasnya terjaga untuk tetap sehat.” Tambah Nurdiansyah yang merupakan salah satu pengajar di Program D3 Keperawatan UKRIDA.

“Bagi para donatur yang ingin mendonasikan untuk gerakan ini dapat langsung disalurkan ke link ini klik disini . Semoga wabah ini segera usai, dan kita semua dalam keadaan sehat walafiyat” Tutup Nurdiansyah diakhir pembicaraan dengan tim dailyners.