Kabar gugurnya perawat yang bertugas selama masa pandemi kembali terdengar. Kali ini dari DPD PPNI Jakarta Utara. “Kami berbela sungkawa atas berpulangnya Shelly Zienda Putri, Amd.Kep,” Kata ketua DPD PPNI Jakarta Utara, Maryanto kepada dailyners.com.

Shelly Zienda Putri tercata sebgai perawat ambulans gawat darurat Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Kepada almarhum, sudah dilakukan tes swab untuk memastikan terinfeksi Corona atau tidak. “Sudah dilakukan rapid test dua kali hasilnya negatif, saat ini masih menunggu hasil swab (untuk memastikan,red). Dari laporan yang kami terima, almarhum masuk dengan meningitis komorbid jantung,” tuturnya.

Hingga saat ini, terdata 17 orang perawat gugur saat menjalankan tugas dalam masa pandemi Covid19. Dalam beberapa kesempatan Ketua Umum PPNI, Harif Fadhilah, mendesak pemerintah agar bisa menyediakan APD bagi para tenaga medis. “Kami mendesak pemerintah untuk menjamin keselamatan dan keamanan anggota kami di lapangan,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan stigmatisasi atas penderita juga perawat yang menangani pasien covid19. “Dampaknya sangat luar biasa, pasien menjadi tidak jujur, resikonya menularkan pada petugas medis, khususnya anggota kami. Kami pun banyak menerima laporan dari para anggota terkait perlakuan masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal anggota kami,” bebernya.

berikut nama-nama perawat yang telah gugur selama masa pandemi :
1. Ninuk Dwi yang bertugas sebagai perawat di ruang ICU Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta
2. Sugiarto yang bertugas sebagai perawat tim bedah medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta
3. Harmoko sebagai perawat di PKM Tambak Aji
4. Letkol (Kowal) Mulatsih, perawat Rumah Sakit Marinir Cilandak
5. Setia Wibowo, perawat di Rumah Sakit Premier Bintaro
6. Mursyida perawat di PK Kp Teleng.
7. Zainal Khabib, perawat RSUD dr Koesma Tuban
8. Adharul Anam, perawat RS Mitra Keluarga Kelapa Gading
9. Nuria Kurniasih, perawat RSUP dr Kariadi
10. Nur Putri Julianty, perawat RS Andhika.
11. Elok Widyaningsih, RS Eka Hospital BSD.
12. Novera, perawat RSPAD Gatot Soebroto
13. Nurlela, perawat RS Abdi Waluyo Jakarta
14. Hastuti Yulistiorini, perawat RS Siloam Surabaya
15. Ns. Rina Iswati, perawat RSUD dr. Kariadi Semarang
16. Agus Indarto, perawat RS dr Oen Solo Baru.
17. Shelly Zienda Putri, perawat Ambulans Gawat Darurat DKI Jakarta
(mam)