http://caredise.com/informasi-terkini/cek-luka/

Aplikasi cek luka

JAKARTA – Pengembangan tekhnologi medis terus dilakukan para praktisi kesetahatn demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satunya yang dilakukan caredise.com yang meluncurkan aplikasi pengecekan luka diabetes. Perusahaan yang berkantor di Cilandak, Jakarta Selatan itu bekerja sama dengan cekmata.com dalam menciptakan aplikasi bernama cek luka.

“Sebagai penyedia layanan perawatan luka diabetes, kami sering menemukan pasien yang datang terlambat,” ungkap salah satu penggagasnya, Ilzam Nuzulul Hakiki pada Dailyners.com

Dijelaskannya, keterlambatan itu menyebabkan kondisi luka diabetes yang parah. Aplikasi ini dapat mendeteksi kondisi luka pada bagian tubuh yang mengalami kerusakan jaringan. “Dengan aplikasi ini, pasien cukup mengambil foto luka mereka. Kemudian mesin akan bekerja dengan mengidentifikasi kondisi luka, apakah ada penyembuhan, infeksi atau kematian jaringan,” ungkap pria jebolan UIN Syarif Hidayatullah tersebut.

Ia melanjutkan, selain luka diabetes, aplikasi yang dikembangkannya pun dapat mendeteksi luka lain seperti pada luka kanker. Bahkan menurutnya, aplikasi ini telah diuji kepada 350 pasien. “Pada 350 pasien diabetes telah kami uji. Kami mendapatkan 87% tingkat akurasi aplikasi ini,” tambahnya.

Ia pun berharap dengan adanya aplikasi ini, angka amputasi akibat luka diabetes yang tidak terawat dapat terus berkurang. “Ya, kami ingin ini menjadi alat deteksi dini kondisi luka agar penanganan dapat segera dilakukan,” tandasnya. Untuk menggunakan ini, para pembaca bisa mengakses link di atas. (Red)